Aspek Psikologi dari Individu
Pengguna Internet
Banyak sekali terjadinya fenemona
identitas diri melalui internet secara identitas nyata maupun identitas virtual
yang memungkinkan individu mengubah sama sekali identitas nyatanya ke sebuah
identitas lain yang sifatnya virtual dan karakteristik seseorang indvidu.
Saat ini banyak sekali jejaring sosial yang bermuculan, seperti
Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain-lain. Banyak orang yang
mengunakan identitas palsu atau bisa disebut anonim untuk mendaftrakan diri /
menjadi penguna aktif dari salah satu jaringan sosial. Antaralain faktor-faktor
yang membuat seseorang mengunakan identitas palsu adalah untuk menutup jejak
didunia maya, dan menjaga repotasi harga diri. Dimana seseorang ingin meluapkan
emosinya didunia maya, tanpa diketahui oleh orang lain siapa dia sebenarnya.
Salah satu contoh adalah kasus yang di buat oleh sebuah akun Twitter dengan nama
akun @T********** 2000, dimana dia banyak mentweet tentang seorang politikus
dan merusak nama baik orang yang bersangkutan, karena masalah ini orang yang
memiliki akun dapat diancam dengan pasal 310 ayat (1). Namun dengan identitas
palsu yang dia gunakan untuk membuat akun tersebut, polisi susah mencari
keberadaannya saat itu.
Karakteristik seseorang akan telihat berbeda, ketika dia berada
didunia nyata dengan saat dia berada di jejaring sosial. Saat didunia nyata
mungkin dilihat karakternya sangat pendiam dan tidak mudah bergaul atau tidak
asik untuk diajak berbicara, namun lain halnya saat didunia maya. Karakter dia
menjadi anak yang mudah bergaul dan asik untuk diajak bebicara.
Aspek Demografis dari Individu Pengguna Internet
Aspek demografis adalah aspek yang
harus mempertimbangkan gender, usia, budaya dan SES ( Social –
Economic – Status ) dalam interaksi individu dan internet.
Diseluruh di dunia, terutama di Indonesia, usia muda adalah usia
yang banyak menggunkana internet dan banyak menghabiskan waktu didunia maya dan
bersosialisaisi dijejaring sosial seperti facebook, twitter ataupun jaringan
sosial yang lain. Pemasar yang ingin memasarkan barang produksi untuk kaula
muda dapat memanfaatkan social
media sebagai sarana promosi
yang sangat ampuh. Contohnnya situs http://www.tokobagus.com/
yang dimana pemasar dapat mempromosikan barang produksinya disitu tersebut.
Sumber : http://fauziaputri.wordpress.com/2013/11/21/aspek-psikologi-dan-aspek-demografis-dalam-individu-pengguna-internet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar