COMPUTER
SUPPORTED COOPERATIVE WORK (CSCW)
1.Computer Supported Cooperative Work
(CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi
teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, dikarenakan mitra yang
berjauhan. Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali
digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah
workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi
untuk memudahkan pekerjaan mereka. Dimana saat itu CSCW mengangkat isu seputar
bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat
didukung teknologi komputer. Kemudian beberapa orang berpendapat CSCW sama
dengan Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja
yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Mungkin salah satu contohnya penerapan
CSCW pada bidang pendidikan yaitu dimana para siswa melakukan kelas virtual dan
saat itu sedang mengerjakan ulangan harian dimana para siswanya saat
melakukannya tidak benar-benar berada di kelas tetapi bisa dimana saja yang
memungkinkan siswa tersebut untuk bisa terhubung pada suatu jaringan. Contoh
lainnya yaitu fasilitas chating dimana seseorang bisa berdiskusi melalui
antarmuka teks tanpa harus bertatap muka secara langsung.
2.Contoh Kasus
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
• Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja
sama pada suatu proyek
• Pengarang mengedit suatu dokumen
bersama-sama
• Programmer suatu sistem secara
bersamaan
• Bekerja sama sebagai sharing atas
suatu video bersama yang conferencing aplikasi
• Para pembeli dan para penjual
melakukan transaksi secara eBay
CSCW lebih berorientasi kepada
evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia
dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain:
A. Komunikasi yang normal antar
manusia
1.
Komunikasi face-to-face
Pada komunikasi face to face Tidak hanya meliputi bicara dan
pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.
• Personal
Space
• Kontak
dan tatapan mata
• Gerak
isyarat dan bahasa tubuh
• Back
channel
•
Turn-taking
2.
Percakapan
Terdapat
dua prinsip ucapan antara lain:
• relevan
artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
• helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh
pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar
B. Komunikasi berbasis teks
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam
groupware:
• discrete; pesan langsung seperti
dalam email
• linear; pesan partisipan ditambahkan
pada akhir dari catatan tunggal
• non-linear; saat pesan dihubungkan
ke yang lainnya dalam model hypertext
Sumber : http://irmasepta.blogspot.com/2014/11/computer-supported-cooperative-work.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar